FAQContact Us
Logo
POLITEKNIK PELAYARAN SUMATERA BARAT

Berita

Poltekpel  Sumbar Teken MoU dengan Pelabuhan Teluk Bayur Peluang Alumni Kerja Semakin Besar<br>

Poltekpel Sumbar Teken MoU dengan Pelabuhan Teluk Bayur Peluang Alumni Kerja Semakin Besar

Poltekpel Sumbar Teken MoU dengan Pelabuhan Teluk Bayur Peluang Alumni Kerja Semakin Besar

Kamis (13/12) - Kegiatan pendidikan dan pelatihan (diklat) Politeknik Pelayaran Sumatera Barat (Poltekpel Sumbar) mendapat dukungan dari PT. Pelabuhan Indonesia II Cabang Teluk Bayur. Dukungan untuk kegiatan kerjasama yang lebih luas dilakukan dengan penandatanganan Kesepakatan Kerjasama Kesepahaman (Memorandum of Understanding/ MOU) tentang Pengembangan SDM di bidang Transportasi Laut yang memuat Program Aksi untuk mewujudkan Politeknik Pelayaran Sumatera Barat menuju Sekolah Pelayaran Terpilih di Indonesia,

Penandatangan kesepahaman itu dilakukan Direktur Poltekpel Sumbar, Rivolindo SH, MM dan General Manajer (GM) PT Pelindo II Cabang Teluk Bayur, Armen Amir SH.

Prosesi penandatangan MOU itu disaksikan Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno dan sejumlah pejabat dari berbagai instansi lainnya, berlangsung di kampus.

Atas penandatangan MOU itu, Rivolindo menyatakan, sebagai momentum yang sangat baik, untuk perjalan diklat dan alumni ke depannya. Karena dari MOU tersebut, akan ditindaklanjuti dengan aksi, sebagai implementasi perjanjian kesepahaman.

"Dari MOU ini akan ada dukungan, baik dari ketersediaan pengajar, fasilitas praktek terutama jurusan transportasi laut, sampai pada kesempatan bekerja para alumni di pelabuhan," ungkap Rivolindo.

Armen Amir menyatakan, kerjasama ini didasari pemikiran menjadikan Politeknik Pelayaran Sumatera Barat menuju sekolah pelayaran terpilih di Indonesia.

Pemikiran untuk menjadikan hal tersebut didasari atas 6 hal yakni :

1. Telah hadir kampus besar dengan fasilitas terbaik untuk pengajaran ilmu pelayaran di daerah Tiram Pariaman Sumatera Barat,

2. Kampus yang dikelola oleh pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan,

3. Kampus dengan tenaga pengajar kwalifikasi tinggi,

4. Tersedia fasilitas pelabuhan di yang baik di Teluk Bayur sebagai tempat praktikum bagi siswa sekolah,

5. Tersedia para praktisi kemaritiman (pelayaran, logistik, pelabuhan, angkutan, galangan) yang siap mendukung kwalitas tinggi materi pengajaran,

6. Dukungan dari Pemerintah Daerah

Dalam kesepakatan itu nantinya, pihak Poltekpel Sumbar dapat mengirimkan para taruna dan taruni untuk melakukan kegiatan praktik yang ada di pelabuhan. Demikian juga, pihak pelabuhan dapat mendukung melalui sumber daya manusia yang berkompentennya untuk mendukung proses belajar mengajar.

Setelah dilakukan perjanjian kesepahaman itu, akan dilanjutkan dengan program aksi bersama berupa

1. Menjadikan Pelabuhan Teluk Bayur sebagai Laboratorium untuk tempat praktek para siswa sekolah Pelayaran,

2. Penyedian tenaga pengajar dibidang Manajemen dan Teknis, yakni,

A. Manajemen Operasional Kepelabuhanan,

B. Manajemen Keuangan Kepelabuhanan,

C. Manajemen Hukum Kepelabuhanan,

D. Manajemen Teknik Kepelabuhanan,

E. Manajemen Pemasaran Kepelabuhannan,

F. Manajemen Sumber Daya Manusia Kepelabuhanan,

G. Manajemen Pengamanan dan keselamatan fasilitas kepelabuhanan,

I. Keterampilan untuk penggunaan peralatan pelabuhan, teknologi informasi pelabuhan, perawatan fasilitas pelabuhan, penanganan claim dan asuransi, dll sebagainya,

Diharapkan pada akhirnya, setiap alumni dari sekolah ini berkesempatan selanjutnya untuk bekerja dilingkungan PT Pelindo II (persero) baik di Cabang Pelabuhan Teluk Bayur maupun di unit usaha PT Pelindo II (persero) lainnya.

"Semoga apa yang dilakukan oleh Teluk Bayur Bangkit ini dalam serial Teluk Bayur Bangkit Hadir di Nagari Sendiri ini, di ridhoi dan diberkahi Allah Subhanahu Wa Ta'alla," ungkap Armen Amir. (Kurnia Budi).

Berita Terkini

Aplikasikan 5 Inovasi POLTEKPEL SUMBAR Siap untuk Pencanangan sebagai Green Campus
Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Sumatera barat, sepertinya selalu haus dengan inovasi.
Setelah bulan lalu berhasil menyusun kurikulum prodi Transportasi Laut yang berbasis need analysis, melalui tahapan "Bench Marking & Focus Group Discussion" dengan menghadirkan nara sumber/pakar dari berbagai bidang keahlian & stakeholder, sehingga alumni Transportasi Laut nantinya akan laku di dunia kerja.
Sosialisasi KPU di Poltekpel Sumbar
Poltekpel Sumbar (14/03)- Menjelang Pemilihan Umum 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Padang Pariaman melaksanakan sosialisasi di Politeknik Pelayaran Sumatera Barat. Kegiatan dilaksanakan di Dining Hall dan diikuti oleh seluruh pegawai dan taruna/i.
Manajer PT.Topaz Maritime berikan kuliah umum untuk taruna-taruni Politeknik Pelayaran Sumatera Barat
Politekpel Sumbar (14/03), taruna-taruni Politeknik Pelayaran Sumatera Barat mendapatkan kuliah umum dari Manajer PT.Topaz Maritime. Dengan mengangkat tema “Hazard on Oil Tanker Ship and Major Accident on Ship/Vessel”, kuliah umum dilangsungkan di Dining Hall.
Kuliah umum disampaikan oleh dua orang pemateri dari PT. Topaz Maritime yaitu Sjachrul Sjahab Manajer PT. Topaz Maritime dan Syafruddin S.MIKI, M.Mar.E.

Pengumuman

See More