FAQContact Us
Logo
POLITEKNIK PELAYARAN SUMATERA BARAT

Berita

Menhub Resmikan Pembukaan Diklat Pemberdayaan Masyarakat di Poltekpel Sumbar

Menhub Resmikan Pembukaan Diklat Pemberdayaan Masyarakat di Poltekpel Sumbar

Jum’at (22/03), Menteri Perhubungan, Ir. Budi Karya Sumadi membuka kegiatan Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) bagi masyrarakat Sumatera Barat di Politeknik Pelayaran Sumatera Barat (Poltekpel Sumbar).

"Dengan dilaksanakannya Diklat Pemberdayaan Masyarakat, setidaknya akan tersedia Sumber Daya Manusia (SDM) yang berasal dari Sumatera Barat dan sekitarnya, dengan memiliki kompetensi dan keahlian yang handal.” kata Menhub, Budi Karya Sumadi, ketika membuka DPM di Poltekpel Sumbar, Jum'at ( 22/3).

Menhub juga berpesan agar peserta diklat memanfaat kegiata DPM sebaik-baiknya agar memberikan hadil maksimal yang bisa membentuk sumber daya manusia yang memiliki keahlian transportasi laut.

Kegiatan DPM dihadiri oleh Gubernur Sumatera Barat, Bupati Padang Pariaman, Walikota Pariaman, Walikota Padang, Bupati Pasaman Barat, Bupati Pesisir Selatan, Para Pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA) Provinsi Sumatera Barat, Rektor Universitas Negeri Padang, Rektor Politeknik Negeri Padang, Para Kepala Sekolah Menengah Kejuruan dan Kepala Sekolah Menengah Atas, GM P.T. PELINDO Teluk Bayur, dan GM P.T. Indonesia Ferry.

Dalam laporan DPM Kepala BPSDM Perhubungan Umiyatun Hayati Triastuti, IR., M,Sc. menjelaskan,
penyelenggaraan DPM merupakan salah satu jawaban atas amanat Undang-Undang Nomor 17 tahun 2008 tentang Pelayaran, dan salah satu wujud bahwa pemerintah hadir di tengah-tengah masyarakat.

"Program DPM merupakan satu program unggulan dari Kementerian Perhubungan yang dibuka untuk masyarakat secara gratis guna membekali masyarakat dengan pendidikan dan pelatihan di bidang transportasi laut," kata Umiyatun Hayati Triastuti.

Kegiatan pembukaan DPM 2019 ini diikuti oleh 1.643 orang, yang terdiri dari 561 peserta dari Kabupaten Padang Pariaman, 258 peserta dari Kota Pariaman, 89 peserta dari Kota Padang, 209 peserta dari Kabupaten Pasaman Barat, 82 peserta dari Kabupaten Agam, dan 444 peserta dari Kabupaten Pesisir Separate

Jenis DPM yang diikuti oleh peserta diklat antara lain : Basic Safety Training (BST); Advanced Fire Fighting (AFF); Security Awareness Training (SAT); Seafarers with Designated Security Duties (SDSD); Crowd Management Training (CMT); Crisis Management and Human Behaviour Training (CMHBT); Basic Safety Training – Khusus Kapal Layar Motor; Diklat Kapal Tradisional Penangkap Ikan dengan Daerah Pelayaran Maksimal 60 mil, dengan Ukuran <=35G.T. - Bagian Dek dan Bagian Mesin.

Para peserta yang lulus akan diberikan sertifikat kompetensi sesuai jenis diklat yang diambil. Diharapkan dengan adanya fasilitas program DPM gratis ini, peserta diklat akan mendapatkan kesempatan yang lebih luas untuk berkarir dan bersaing dalam industri maritim.

Kegiatan didukung oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Padang Pariaman, Dinas Perhubungan Kota Pariaman, Dinas Perhubungan Kabupaten Pasaman Barat, Dinas Kelautan dan Perikanan Pasaman Barat, Dinas Perhubungan Kabupaten Pesisir Selatan, dan KSOP Kelas II Teluk Bayur.

Pembukaan diklat ini juga dimeriahkan dengan agenda pencanangan Poltekpel Sumbar sebagai The Great Green Campus in Asia serta acara bazar sembako murah dan pembukaan stan sosialisasi sipencatar 2019. (Mesya)

Berita Terkini

Upacara penyambutan dan pemberian penghargaan kepada Taruna/i Tim Olimpiade Perguruan Tinggi Kedinasan (OPTK) 2019.
Selasa (02/04), pelaksanaan upacara penyambutan dan pemberian penghargaan kepada Taruna/i Tim Olimpiade Perguruan Tinggi Kedinasan (OPTK) 2019 telah berlangsung dengan khidmat.

Kegiatan diikuti oleh seluruh pegawai serta taruna dan taruni Politeknik Pelayaran Sumatera Barat (Poltekpel Sumbar).
Kuliah Umum Bersama Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan
Senin (25/03), telah berlangsung kuliah umum yang disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan, DR.Ir.Djoko Sasono, M.Sc (Eng). Tema kuliah umum kali ini adalah "Menghilangkan Budaya Kekerasan dan Menyiapkan Karakter SDM Era Industri 4.0".
Terapkan Lima Inovasi, Menhub Tetapkan Poltekpel Sumbar Sebagai Green Campus
JUM'AT (22/3) - Politeknik Pelayaran Sumatera Barat (Poltekpel Sumbar) ditetapkan sebagai green campus atas kegiatannya selama ini menjadikan lingkungan kampus sebagai kawasan hijau yang ramah lingkungan.

Penetapan sebagai green campus itu berlangsung ketika Menteri Perhubungan, Ir. Budi Karya Sumadi berkunjung ke kampus Poltekpel Sumbar, untuk membuka DPM (Diklat Pemberdayaan Masyarakat).

Pengumuman

See More