FAQContact Us
Logo
POLITEKNIK PELAYARAN SUMATERA BARAT

Berita

Direktur Poltekpel Sumbar Silaturahim Ke Bupati Padang Pariaman<br><br>

Direktur Poltekpel Sumbar Silaturahim Ke Bupati Padang Pariaman

Direktur Poltekpel Sumbar Silaturahim Ke Bupati Padang Pariaman

Kamis (6/12) - Direktur Politeknik Pelayaran Sumatera Barat (Poltekpel Sumbar) , Rivolindo SH, MM melakukan kunjungan ke Bupati Padang Pariaman, Drs. H. Ali Mukhni dalam rangka silaturahim sebagai pimpinan di politeknik pelayaran yang baru dan manjelaskan kegiatan- kegiatan pendidikan dan pelatihan (diklat) pelayaran yang hasilnya dapat mendukung kegiatan pembangunan di kawasan kabupaten, provinsi dan nasional.

Dalam kunjungan itu, Kepala Poltekpel Sumbar yang didampingi Wakil Direktur III , Capt. Dedi Kurniadi M. Mar. Mendapat kesempatan berdialog di ruang kerja bupati.

Dalam pertemuan itu Rivolindo , menjelaskan perkembangan masyarakat Sumbar maupun dari luar meningkat untuk mengikuti diklat pelayaran. Dalam perkembangannya terjadi peningkatan masyarakat yang mengikuti diklat. Hal itu dibuktikan dengan bertambahnya jumlah taruna pada tahun 2018 yang mengikuti tes masuk pendidikan Program Diklat Diplomam Tingkat III. Selain itu juga meningkat jumlah pelaut yang mengikuti diklat keterampulan (priviciency).

Atas meningkatnya perkembangan masyarakat yang mengikuti diklat pelayaran itu, Rivolindo menyatakan pihak Poltekpel Sumbar masih terus membangun sarana dan prasaranya pada tahun 2018 ini agar mampu mengimbangi perkembangan tersebut.

Selain itu juga dijelaskan selama tiga tahun berlangsung diklat terjadi peningkatan program diklat.
Tahun 2018 ini terjadi penambahan jurusan yakni diadakannya jurusan Transportasi Laut. Jumlah taruna yang masuk tahun ini juga meningkat menjadi177 orang yang terbagi untuk jurusan Transportasi Laut 2 kelas, jurusan Nautika 4 kelas dan jurusan Teknika 3 kelas.

Selain pembentukan juga dilakukan peningkatan kompetensi mulai ANT V dan ATT V, ANT IV dan ATT IV dan ANT III dan ATT III.

Untuk kegiatan diklat saat ini ada 22 kegiatan diklat keterampilan yang diselenggarakan, diantaranya BST (Basic Safety Training), SAT, SCRB, AFF, MFA, BOCT, Radar, ARPA, GMDSS, SATSDSD, SSO, ECDIS, BRM, ERM, Crowd Management, Crisis Management & Human Behaviour, Passenger Safety, Cargo Safety & Hull Intergrity.

Direktur Poltekpel Sumbar optimis masa depan mayarakat semakin meningkat menjalani diklat di Poltekpel Sumbar, karena posisi lingkungan Sumatera Barat dan sekitarnya merupakan masyarakat pantai yang sudah memahami peluang dan potensi pada dunia transportasi laut. (DP)

Berita Terkini

Aplikasikan 5 Inovasi POLTEKPEL SUMBAR Siap untuk Pencanangan sebagai Green Campus
Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Sumatera barat, sepertinya selalu haus dengan inovasi.
Setelah bulan lalu berhasil menyusun kurikulum prodi Transportasi Laut yang berbasis need analysis, melalui tahapan "Bench Marking & Focus Group Discussion" dengan menghadirkan nara sumber/pakar dari berbagai bidang keahlian & stakeholder, sehingga alumni Transportasi Laut nantinya akan laku di dunia kerja.
Sosialisasi KPU di Poltekpel Sumbar
Poltekpel Sumbar (14/03)- Menjelang Pemilihan Umum 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Padang Pariaman melaksanakan sosialisasi di Politeknik Pelayaran Sumatera Barat. Kegiatan dilaksanakan di Dining Hall dan diikuti oleh seluruh pegawai dan taruna/i.
Manajer PT.Topaz Maritime berikan kuliah umum untuk taruna-taruni Politeknik Pelayaran Sumatera Barat
Politekpel Sumbar (14/03), taruna-taruni Politeknik Pelayaran Sumatera Barat mendapatkan kuliah umum dari Manajer PT.Topaz Maritime. Dengan mengangkat tema “Hazard on Oil Tanker Ship and Major Accident on Ship/Vessel”, kuliah umum dilangsungkan di Dining Hall.
Kuliah umum disampaikan oleh dua orang pemateri dari PT. Topaz Maritime yaitu Sjachrul Sjahab Manajer PT. Topaz Maritime dan Syafruddin S.MIKI, M.Mar.E.

Pengumuman

See More