FAQContact Us
Logo
POLITEKNIK PELAYARAN SUMATERA BARAT

Berita

Direktur Poltekpel Sumbar Silaturahim Ke Bupati Padang Pariaman<br><br>

Direktur Poltekpel Sumbar Silaturahim Ke Bupati Padang Pariaman

Direktur Poltekpel Sumbar Silaturahim Ke Bupati Padang Pariaman

Kamis (6/12) - Direktur Politeknik Pelayaran Sumatera Barat (Poltekpel Sumbar) , Rivolindo SH, MM melakukan kunjungan ke Bupati Padang Pariaman, Drs. H. Ali Mukhni dalam rangka silaturahim sebagai pimpinan di politeknik pelayaran yang baru dan manjelaskan kegiatan- kegiatan pendidikan dan pelatihan (diklat) pelayaran yang hasilnya dapat mendukung kegiatan pembangunan di kawasan kabupaten, provinsi dan nasional.

Dalam kunjungan itu, Kepala Poltekpel Sumbar yang didampingi Wakil Direktur III , Capt. Dedi Kurniadi M. Mar. Mendapat kesempatan berdialog di ruang kerja bupati.

Dalam pertemuan itu Rivolindo , menjelaskan perkembangan masyarakat Sumbar maupun dari luar meningkat untuk mengikuti diklat pelayaran. Dalam perkembangannya terjadi peningkatan masyarakat yang mengikuti diklat. Hal itu dibuktikan dengan bertambahnya jumlah taruna pada tahun 2018 yang mengikuti tes masuk pendidikan Program Diklat Diplomam Tingkat III. Selain itu juga meningkat jumlah pelaut yang mengikuti diklat keterampulan (priviciency).

Atas meningkatnya perkembangan masyarakat yang mengikuti diklat pelayaran itu, Rivolindo menyatakan pihak Poltekpel Sumbar masih terus membangun sarana dan prasaranya pada tahun 2018 ini agar mampu mengimbangi perkembangan tersebut.

Selain itu juga dijelaskan selama tiga tahun berlangsung diklat terjadi peningkatan program diklat.
Tahun 2018 ini terjadi penambahan jurusan yakni diadakannya jurusan Transportasi Laut. Jumlah taruna yang masuk tahun ini juga meningkat menjadi177 orang yang terbagi untuk jurusan Transportasi Laut 2 kelas, jurusan Nautika 4 kelas dan jurusan Teknika 3 kelas.

Selain pembentukan juga dilakukan peningkatan kompetensi mulai ANT V dan ATT V, ANT IV dan ATT IV dan ANT III dan ATT III.

Untuk kegiatan diklat saat ini ada 22 kegiatan diklat keterampilan yang diselenggarakan, diantaranya BST (Basic Safety Training), SAT, SCRB, AFF, MFA, BOCT, Radar, ARPA, GMDSS, SATSDSD, SSO, ECDIS, BRM, ERM, Crowd Management, Crisis Management & Human Behaviour, Passenger Safety, Cargo Safety & Hull Intergrity.

Direktur Poltekpel Sumbar optimis masa depan mayarakat semakin meningkat menjalani diklat di Poltekpel Sumbar, karena posisi lingkungan Sumatera Barat dan sekitarnya merupakan masyarakat pantai yang sudah memahami peluang dan potensi pada dunia transportasi laut. (DP)

Berita Terkini

Poltekpel Sumbar Teken MoU dengan Pelabuhan Teluk Bayur Peluang Alumni Kerja Semakin Besar
Kamis (13/12) - Kegiatan pendidikan dan pelatihan (diklat) Politeknik Pelayaran Sumatera Barat (Poltekpel Sumbar) mendapat dukungan dari PT. Pelabuhan Indonesia II Cabang Teluk Bayur. Dukungan untuk kegiatan kerjasama yang lebih luas dilakukan dengan penandatanganan Kesepakatan Kerjasama Kesepahaman (Memorandum of Understanding/ MOU) tentang Pengembangan SDM di bidang Transportasi Laut yang memuat Program Aksi untuk mewujudkan Politeknik Pelayaran Sumatera Barat menuju Sekolah Pelayaran Terpilih di Indonesia,
Jajaran Poltekpel Sumbar Kerja Bakti Siapkan Lingkungan Sehat

Sabtu (8/12) - Menciptakan lingkungan sehat bukan cuma sebatas pada slogan, tapi dijalankan dengan sejumlah kegiatan. Hal itu dilakukan pihak Politeknik Pelayaran Sumatera Barat (Poltekpel Sumbar) yang, pagi ini mengerahkan jajaran taruna-taruni, pimpinan dan sebagian pegawai kampus untuk bekerja bakti membersihkan lingkungan kampus.
Poltekpel Sumbar Diharapkan Dapat Tingkatkan Jumlah Pelaut Dan Industri Maritim di Daerah


Kamis ( 6/12 ) - Bupati Padang Pariaman Drs. H. Mukhni menyambut gembira atas meningkatnya perkembanganan masyarakat yang mengikuti pendidikan dan pelatihan (diklat) di Politeknik Pelayaran Sumatera Barat (Poltekpel Sumbar). Dan berharap semakin meningkat jumlah pelaut serta perkembangan industri maritim.

Pengumuman

See More