Frequently asked questions

Seleksi Penerimaan Calon Taruna atau yang disingkat dengan SIPENCATAR adalah metode penerimaan Taruna baru di perguruan tinggi kedinasan di bawah Kementerian Perhubungan. Seleksi ini melalui beberapa tahapan, di antaranya adalah: Pendaftaran online untuk seleksi administrasi online, tes kompetensi dasar (jalur pola pembibitan), tes akademik dan psikotes, tes kesehatan, tes kesamaptaan dan wawancara.

Poltekpel Sumbar membuka 2 jalur pendaftaran yaitu :

1. Jalur Reguler Pola pembibitan (Polbit)

Pola pembibitan adalah jalur yang dibuka oleh BPSDM Kemenhub yang ditujukan untuk pengangkatan sebagai PNS dan ditempatkan di instansi sesuai penunjukan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) dan Reformasi Birokrasi setelah menempuh pendidikan di salah satu dari 22 Sekolah Transportasi (UPT) dibawah BPSDMP Kemenhub. Seluruh proses pendaftaran Pola Pembibitan beserta proses informasi tahapan seleksinya dilakukan secara online melalui situs dikdin.bkn.go.id/ dan sipencatar.dephub.go.id. Tahapan seleksi akan dilaksanakan bekerja sama dengan Badan Kepegawaian Negara dengan diselenggarakan Tes Kompetesi Dasar (TKD) dan Tes Potensi Akademik (TPA) dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) seperti pada penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

2. Jalur Reguler Non Pola Pembibitan

Reguler adalah jalur yang dibuka secara umum oleh Poltekpel Sumbar, dibawah koordinasi dengan BPSDM Kemenhub. Para lulusan jalur reguler yang telah menempuh pendidikan di Poltekpel Sumbar, dapat mengisi jenjang kerja pada non ikatan dinas (tidak menjadi CPNS). Mereka dapat berkarir sebagai perwira kapal niaga domestik hingga internasional dan bekerja di berbagai stakeholder industri maritime atau perusahaan pelayaran milik BUMN. Seluruh proses pendaftaran jalur regular beserta proses informasi tahapan seleksinya dilakukan secara online melalui situs sipencatar.dephub.go.id

Untuk cara pendaftaran dapat dilihat pada halaman panduan atau klik link berikut : https://sipencatar.dephub.go.id/panduan

Calon pendaftar sudah dapat melakukan pendaftaran online JALUR REGULER POLA PEMBIBITAN di dikdin.bkn.go.id/

Persyaratan Umum Pendaftaran SIPENCATAR :

  1. Warga Negara Indonesia;
  2. Usia maksimal 23 tahun dan minimal 16 tahun per 1 September 2020;
  3. Persyaratan nilai (bukan hasil pembulatan) memiliki nilai rata-rata ujian yang tertulis pada ijazah tidak kurang dari 7,0 (skala penilaian 1-10) / 70,00 (skala penilaian 10-100) / 2,8 (skala penilaian 1-4);
  4. Tinggi badan minimal pria 160 cm dan wanita 155 cm;
  5. Berbadan sehat, tidak cacat fisik dan mental, bebas HIV/AIDS serta bebas narkoba;
  6. Calon Taruna tidak bertato/bekas tato dan tidak ditindik/bekas tindik telinganya atau anggota badan lainnya, kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama/adat;
  7. Calon Taruni tidak bertato/bekas tato dan tidak ditindik/bekas tindik anggota badan lainnya selain telinga dan tidak bertindik/bekas tindik di telinga lebih dari 1 pasang (telinga kiri dan kanan);
  8. Ketajaman penglihatan normal dan tidak ada kelainan buta warna baik parsial maupun total;
  9. Tidak sedang menjalani dan terancam hukuman pidana karena melakukan kejahatan;
  10. Belum pernah diberhentikan sebagai Taruna/Taruni di lingkungan Badan Pengembangan SDM Perhubungan dan Perguruan Tinggi lainnya dengan tidak hormat;
  11. Bersedia diberhentikan dengan tidak hormat jika melakukan tindakan kriminal antara lain mengkonsumsi dan atau menjual belikan narkoba, melakukan tindak kekerasan (perkelahian, pemukulan, pengeroyokan, perundungan dll), melakukan tindakan asusila atau penyimpangan seksual;
  12. Bersedia menaati segala peraturan yang berlaku;
  13. Dinyatakan gugur apabila terbukti melakukan pemalsuan identitas / dokumen;
  14. Bersedia menandatangani Surat Pernyataan Calon Taruna/Taruni (bermaterai 6000 Rupiah);
  15. Memiliki Surat Elektronik/ e-mail yang masih aktif.

Persyaratan Khusus Pendaftaran SIPENCATAR :

Poltekpel Sumbar membuka pendaftaran Sipencatar untuk 3 jurusan, yaitu D III Nautika, D III Teknologi Nautika, dan D IV Transportasi Laut. Berkas Pendaftaran yang harus dipersiapkan antara lain :

  1. Pasfoto terbaru berlatar merah ukuran 4x6 cm (soft copy);
  2. Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Surat Keterangan Kependudukan (scan & foto copy);
  3. Scan & fotokopi Ijazah dan SKHU (dilegalisir)
  4. Untuk program D-III Nautika
    • SMA/MA (IPA); atau
    • SMK Pelayaran Nautika Kapal Niaga
  5. Untuk program D-III Teknologi Nautika
    • SMA/MA (IPA); atau
    • SMK Pelayaran Jurusan Teknika; SMK/MA Jurusan Teknik Mesin, Teknik Otomotif, Teknik Elektronika (Kecuali Teknik Audio Video), Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Pendingin Dan Tata Udara, Teknik Perkapalan Untuk Program Keahlian Teknik Instalasi Permesinan Kapal, Teknik Instrumentasi Industri
  6. Untuk program D-IV Transportasi Laut
    • SMA/MA (IPA/IPS); atau
    • SMK Bidang Bisnis dan Pemasaran, Manajemen Perkantoran, Akuntansi dan Keuangan, Teknik Komputer dan Informatika.
  7. Belum menikah dan sanggup tidak menikah selama masa pendidikan yang dibuktikan dengan surat keterangan belum pernah menikah dari Kelurahan / Kepala Desa sesuai domisili;
  8. Surat pernyataan calon taruna/i bermaterai 6000 rupiah (sesuai format yang ditetapkan);
  9. Tanda bukti pendaftaran

Tahapan seleksi dapat dilihat pada link : https://sipencatar.dephub.go.id/alur-jadwal dan berlaku sistem gugur pada masing-masing tahapan seleksi. Jadi, peserta yang gagal pada suatu tahapan tidak dapat mengikuti tahapan seleksi berikutnya.

Biaya seleksi dibebankan kepada masing-masing peserta, dan jumlah biaya sesuai dengan rincian masing-masing tahap seleksi. Peserta akan mendapatkan info pembayaran pada akun masing-masing sesuai dengan tahapan seleksi yang akan dilalui oleh peserta. Jadi, waktu pembayaran baru dapat dilakukan jika peserta lulus suatu tahapan seleksi dan akan menempuh tahapan seleksi berikutnya. Pengumuman kelulusan peserta akan diinfokan melalui website SIPENCATAR. Pembayaran seleksi dapat dilakukan via Teller/ATM/M-banking/Internet Banking. Peserta diwajibkan mengupload/menyerahkan bukti pembayaran untuk dapat lanjut ke tahapan seleksi berikutnya.

Tes/seleksi SIPENCATAR tersedia di 40 (Empat Puluh) lokasi tes se-Indonesia. Peserta dapat memilih lokasi tes terdekat dari tempat tinggalnya. Jadi, peserta tidak wajib memilih lokasi tes di Poltekpel Sumbar meskipun peserta memilih mendaftar di sekolah Poltekpel Sumbar. Jika peserta sudah lulus semua tahapan tes dan terpilih menjadi Calon Taruna Poltekpel Sumbar, barulah peserta diwajibkan untuk datang melakukan pendaftaran ulang dan pembelajaran di Poltekpel Sumbar.

Peserta diwajibkan teliti saat melakukan pengisian data untuk pendaftaran online, karena data yang sudah diinput tidak dapat diubah kembali, baik data NIK, Nama, E-mail, dan data lainnya. Kesalahan memasukkan data menjadi tanggungjawab masing-masing peserta. Jadi, mohon HATI-HATI dalam menginput data.