FAQContact Us
Logo
POLITEKNIK PELAYARAN SUMATERA BARAT

Berita

PEGAWAI PEMERINTAH NON PNS DI POLTEKPEL SUMBAR MENDAPAT SOSIALISASI DARI BPJS KETENAGAKERJAAN

PEGAWAI PEMERINTAH NON PNS DI POLTEKPEL SUMBAR MENDAPAT SOSIALISASI DARI BPJS KETENAGAKERJAAN

Kamis (20/02), Politeknik Pelayaran Sumatera Barat bersama adan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Kabupaten Padang Pariaman mengadakan sosialisasi jaminan social bagi tenaga kerja.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh Pegawai Pemerintah Non Pegawai negeri (PPNPN) Poltekpel Sumbar. “Sosialisasi ditujukan untuk memberikan pemahaman bagi seluruh PPNPN di Potekpel Sumbar bahwa berdasarkan UU Nomor 24 Tahun 2011, PPNPN mendapatkan hak jaminan sosial ketenagakerjaan.” Ujar Kasubag Umum dan Kerjasama, Capt. Mu’man Yitno Sutrisna, S.SiT,MM.

Dalam sosialisasi tersebut disampaikan bahwa BPJS Ketenagakerjaan menyelenggarakan empat program perlindungan jaminan sosial, yakni Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JK), dan Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pensiun (JP).

Alvi Syukri Faisal selaku pemateri dari BPJS Ketenagakerjaan menjelaskan bahwa sosialisasi ini untuk memasyarakatkan program perlindungan ketenagakerjaan dari risiko hilang atau berkurangnya penghasilan pekerja jika terjadi risiko kecelakaan kerja, kematian, hari tua dan pensiun nantinya. “Seperti yang telah diatur dalam Pasal 14, Undang Undang No.24 Tahun 2011, bahwa : “ Setiap orang, termasuk orang asing yang bekerja paling singkat 6 (enam) bulan di Indonesia, wajib menjadi Peserta Program Jaminan Sosial”.

Pemberi kerja agar mengikutsertakan para pekerjanya dalam program Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian, Jaminan Hari Tua dan Jaminan Pensiun untuk didaftarkan melalui BPJS Ketenagakerjaan.” Tambahnya. . “PerMaret tahun ini seluruh PPNPN Poltekpel Sumbar sudah dipastikan mendapatkan jaminan dari BPJS Ketenagakerjaan.” Imbuh Mu’man menutup kegiatan sosialisasi.(MM)

Berita Terkini

Politeknik Pelayaran Sumatera Barat Lakukan Tindak Pencegahan Corona
Sebagai langkah pencegahan dari virus corona, Politeknik Pelayaran Sumatera Barat telah melakukan beberapa tindak pencegahan kepada para taruna/i yang memasuki area kampus usai kembali dari pesiar dan juga kepada para pengunjung dan pegawai yang memasuki area kampus.

Beberapa tindakan yang dilakukan antara lain :

1. Melakukan sterilisasi dengan alat screening untuk mendeteksi suhu tubuh.
2. Melakukan analisa sementara seperti pengecekan apakah yang bersangkutan memiliki penyakit batuk, pilek, dan demam. Dan menanyakan tempat-tempat yang telah dikunjungi oleh yang bersangkutan.
3. Jika terdapat gejala yang mengindikasikan corona pada taruna/i atau pegawai maka ia akan dibebaskan dari kegiatan kampus selama lebih kurang 14 hari dan diarahkan untuk melakukan tindakan medis lebih lanjut.
KSOP Teluk Bayur Berikan Kuliah Umum di Poltekpel Sumbar
Jum'at (13/03), telah dilaksanakan kuliah umum dengan tema, "Penunjang Pengetahuan Akademik Keselamatan Pelayaran". Bertindak sebagai narasumber, Kepala KSOP Kelas II Teluk Bayur, Nazarwin, S.H., M.M.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan kali ini untuk menambah pengetahuan taruna/i Poltekpel Sumbar mengenai tugas dan fungsi Syahbandar dan KSOP. Sementara itu, Nazarwin juga menjelaskan mengenai keselamatan pelayanan dan keamanan pelabuhan serta faktor-faktor yang menunjang terwujudnya keselamatan pelayaran, seperti :

1). Persyaratan kelayakan kapal (konstruksi);
2). Pengukuran dan status hukum kapal;
3). Kelengkapan nautis, teknis, dan radio kapal.
POLTEKPEL SUMBAR GELAR DIKLAT PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI BELITUNG TIMUR
BELITUNG TIMUR (12/03) – Politeknik Pelayaran Sumatera Barat menggelar Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) Kapal Layar Motor yang diikuti oleh 350 (tiga ratus lima puluh) masyarakat di Kabupaten Belitung Timur yang berprofesi sebagai nelayan atau pelaut di kapal tradisional.

Kegiatan dibuka langsung oleh Kepala Subbagian Umum dan Kerjasama, Capt. Mu’man Yitno Sutrisna, S.Si.T.,M.M. mewakili Direktur Poltekpel Sumbar, Rivolindo, S.H.,M.M pada Rabu (12/03). Dalam sambutan Direktur Poltekpel Sumbar yang dibacakan oleh Capt. Mu’man, mengatakan bahwa kegiatan DPM ini merupakan salah satu bentuk komitmen pemerintah, untuk terus melakukan sosialisasi dalam rangka membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan maju dalam aspek keselamatan dan keamanan pelayaran sebagaimana yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo pada peringatan HUT RI ke 74 tahun 2019 lalu dengan slogannya “SDM Unggul Indonesia Maju”.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Bupati dan Ketua DPRD Kab. Belitung Timur beserta Forkopimda Kab. Belitung Timur. Kegiatan diklat ini terlaksana melalui kerjasama Poltekpel Sumbar dengan Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Manggar.
3 ORANG TARUNA POLTEKPEL SUMBAR RAIH MEDALI PERAK DAN PERUNGGU DI OPTK
12 taruna/i Poltekpel Sumbar yang mengikuti ajang Olimpiade Perguruan Tinggi Kedinasan (OPTK) 2020 akhirnya sukses membawa pulang 1 medali perak dan 2 medali perunggu.

Selamat dan sukses kepada :
1. Taruna Rio Aditya Khalid yang memperoleh juara 2 lomba story telling dengan perolehan medali perak,
2. Taruna Farhan Hanif yang memperoleh juara 3 cabor Karate Kata dengan perolehan medali perunggu,
3. Taruni Nurhasanah yang memperoleh juara 3 cabor Taekwondo dengan perolehan medali perunggu.

Terimakasih juga kepada taruna/i yang telah melakukan usaha terbaiknya untuk kompetisi OPTK kali ini dengan persaingan yang cukup berat melawan seluruh Perguruan Tinggi Kedinasan se-Indonesia.
Staf Ahli Bidang Hukum dan Reformasi Birokrasi Perhubungan Beri Kuliah Umum di Poltekpel Sumbar
Senin (9/3), Taruna/i Politeknik Pelayaran Sumatera Barat mengikuti kegiatan kuliah umum dengan narasumber dari Staf Ahli Bidang Hukum dan Reformasi Birokrasi Perhubungan, Bapak DR. Umar Aris, SH, MM, MH.

Kegiatan kuliah umum pembentukan karakter ini dibuka oleh Wadir I, Capt. Faisal Saransi, M.T yang mewakili Direktur Politeknik Pelayaran Sumatera Barat. Kegiatan kuliah umum ini juga dihadiri oleh jajaran pejabat struktural dan fungsional Politeknik Pelayaran Sumatera Barat.

Dengan mengangkat tema “Generasi Muda Anti Kekerasan”, Umar menyampaikan bahwa di era saat ini, proses pendidikan harus dilalui tanpa kekerasan . "Bukan jamannya lagi pendidikan dengan kekerasan. Sebab dengan adanya kekerasan dapat merusak masa depan dan psikologi seseorang.” Ujar Umar.
Kuliah Umum Tentang Infeksi Virus Corona Digelar di Poltekpel Sumbar
Mewabahnya virus Corona (2019-nCoV) di berbagai negara termasuk di Indonesia mendorong pemerintah bergerak cepat untuk menanggulanginya. Berdasarkan surat edaran tentang Peningkatan Pengawasan dan Pencegahan terhadap Penyebaran Virus Corona oleh Kemenhub, Politeknik Pelayaran Sumatera Barat pagi ini (5/3), mengadakan sosialisasi “Infeksi Virus Corona dan Cara Pencegahannya”.

Acara dibuka oleh Kabag Keuangan, Umum, dan Kerjasama, Bapak Sukirno Dwi Susilo, S.Sos., M.MTR. Sosialisasi tersebut dihadiri oleh jajaran pejabat struktural dan fungsional Poltekpel Sumbar, taruna/i, serta Perwira Siswa. Dalam sambutannya, Sukirno menyampaikan bahwa “Penting bagi kita untuk memahami virus corona dan bagaimana cara pencegahannya, karena yang sama-sama kita ketahui, virus ini sudah menyebar di dunia, sehingga melalui kegiatan sosialisasi ini diharapkan kita semua dapat mengantisipasi penyebaran virus corona dan bagaimana cara mencegahnya."
TARUNA/I POLTEKPEL SUMBAR RAMAIKAN CFD PADANG DENGAN SOSIALISASI SIPENCATAR 2020
Minggu (01/03), Politeknik Pelayaran Sumatera Barat mengadakan sosialisasi Seleksi Penerimaan Calon Taruna (SIPENCATAR) 2020. Sosialisasi kali ini dilangsungkan di Car Free Day (CFD) Khatib Sulaiman, Padang, Sumatera Barat.

Taruna/i Poltekpel Sumbar berperan aktif menyampaikan informasi seputar SIPENCATAR kepada para pengunjung yang berdatangan saat CFD. Tak sedikit yang menanyakan informasi tentang Poltekpel Sumbar dan pembukaan pendaftaran SIPENCATAR yang dijadwalkan akan dibuka di bulan April 2020.

Para pengunjung stan yang juga berolahraga di CFD mendapatkan brosur berisi persyaratan pendaftaran dan informasi umum tentang SIPENCATAR dan kalender Poltekpel Sumbar 2020.

Serunya kegiatan sosialisasi semakin marak dengan penampilan band yang dibawakan oleh taruna/i Poltekpel Sumbar. Disamping itu, pengunjung juga berkesempatan menyumbangkan suara merdunya didampingi band taruna Poltekpel Sumbar.

PEGAWAI PEMERINTAH NON PNS DI POLTEKPEL SUMBAR MENDAPAT SOSIALISASI DARI BPJS KETENAGAKERJAAN

See More