FAQContact Us
Logo
POLITEKNIK PELAYARAN SUMATERA BARAT

Berita

Kuliah Umum Tentang Infeksi Virus Corona Digelar di Poltekpel Sumbar

Kuliah Umum Tentang Infeksi Virus Corona Digelar di Poltekpel Sumbar

Mewabahnya virus Corona (2019-nCoV) di berbagai negara termasuk di Indonesia mendorong pemerintah bergerak cepat untuk menanggulanginya. Berdasarkan surat edaran tentang Peningkatan Pengawasan dan Pencegahan terhadap Penyebaran Virus Corona oleh Kemenhub, Politeknik Pelayaran Sumatera Barat pagi ini (5/3), mengadakan sosialisasi “Infeksi Virus Corona dan Cara Pencegahannya”.

Acara dibuka oleh Kabag Keuangan, Umum, dan Kerjasama, Bapak Sukirno Dwi Susilo, S.Sos., M.MTR. Sosialisasi tersebut dihadiri oleh jajaran pejabat struktural dan fungsional Poltekpel Sumbar, taruna/i, serta Perwira Siswa. Dalam sambutannya, Sukirno menyampaikan bahwa “Penting bagi kita untuk memahami virus corona dan bagaimana cara pencegahannya, karena yang sama-sama kita ketahui, virus ini sudah menyebar di dunia, sehingga melalui kegiatan sosialisasi ini diharapkan kita semua dapat mengantisipasi penyebaran virus corona dan bagaimana cara mencegahnya."

Hadir sebagai narasumber ialah dr. Nofriyanda, Sp.P. merupakan Ketua TB DOTS RS. Paru Sumatera Barat dan juga sebagai Ahli Klinis TB Resisten Obat RS. Paru. Beliau menyampaikan bahwa virus ini dapat menyebar secara cepat sebab ditransmisikan dari manusia ke manusia.

Berdasarkan pemaparan, pencegahan virus corona dapat dilakukan dengan langkah sebagai berikut :
1. Saat batuk ataupun bersin tutupi dengan tisu agar percikan tidak menyebar
2. Rutin mencuci tangan dengan air mengalir ± 20 detik atau hand sanitizer beralkohol min 60 %
3. Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut dengan tangan yang belum dicuci
4. Periksa secara berkala suhu tubuh saat merasa badan dalam kondisi tidak fit
5. Hindari kontak langsung dengan orang yang sedang sakit, saat kita sedang sakit maka gunakan masker
6. Gunakan masker saat berada di tempat keramaian dan minim ventilasi
7. Rajin bersihkan barang yang sering kamu sentuh seperti gadged dan laptop
8. Pola hidup sehat dengan menjaga kebersihan dan berolahraga.

Disamping itu, Direktur Poltekpel Sumbar, Rivolindo, S.H.,M.M juga menekankan kepada seluruh civitas akademika beserta taruna/i untuk membiasakan prilaku hidup sehat. (TN)

Berita Terkini

DIREKTUR POLTEKPEL SUMBAR SAMPAIKAN PEMAPARAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK
Hari ini, Direktur Politeknik Pelayaran Sumatera Barat, Capt. Mochamad Abduh, M.MTr menyampaikan pemaparan terkait kinerja Poltekpel Sumbar dalam mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) kepada Komisi Informasi (KI) Provinsi Sumatera Barat, Kamis (12/11). Paparan tersebut disampaikan lantaran Poltekpel Sumbar masuk sebagai salah satu dari 3 (tiga) besar Perguruan Tinggi se-Sumatera Barat yang dinominasikan dalam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2020 oleh KI Sumbar.

Poltekpel Sumbar telah terpilih berdasarkan penilaian KI Sumbar sebelumnya dari tahapan verifikasi kuisioner, verifikasi website dan data dukung, serta visitasi. Poltekpel Sumbar terus berupaya mewujudkan keterbukaan informasi publik yang seluas-luasnya agar dapat memberikan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat secara luas.
POLTEKPEL SUMBAR GELAR SOSIALISASI KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PADA MASA PANDEMI COVID19
Selasa (10/11), Politeknik Pelayaran Sumatera Barat melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di daerah Tiram, Ulakan Tapakis, Kabupaten Padang Pariaman. Kegiatan mengangkat tema tentang "Sosialisasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Pada Masa Pandemi Covid19".

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Direktur Poltekpel Sumbar, Capt. Mochamad Abduh, M.M.Tr, Wali Nagari Tapakis, Soni Aprison, S.Pd, Wakil Direktur III, Capt. Bintang Novi, M.M.Tr, Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Jose Beno, S.ST.,M.Si dan dua narasumber yang akan mengisi materi yaitu Capt. Faisal Saransi, M.T dan dr. Diah Mayasari.
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Padang Pariaman Lakukan Simulasi Gempa dan Tsunami di Poltekpel Sumbar
Hari ini sedang dilaksanakan latihan kesiapsiagaan simulasi gempa dan tsunami dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Padang Pariaman (30/10).

Acara dibuka langsung oleh Direktur Politeknik Pelayaran Sumatera Barat, Capt. Mochamad Abduh, M.M.Tr. Rangkaian kegiatan simulasi ini dimulai dengan pemaparan materi oleh Bapak Alkadri, S.E selaku Kasi Kesiapsiagaan BPBD Padang Pariaman.
POLTEKPEL SUMBAR GELAR DIKLAT PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI KAWASAN DANAU TOBA
Politeknik Pelayaran Sumatera Barat menggelar Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) Kapal Layar Motor yang diikuti oleh 65 (enam puluh lima) masyarakat di Kawasan Danau Toba yang berprofesi sebagai pelaut di kapal tradisional. Pelaksanaan diklat dilangsungkan di Hotel Inna Parapat, Tiga Raja, Kabupaten Simalungun pada Minggu s.d. Rabu, 18 s.d. 21 Oktober 2020.

Diklat Pemberdayaan Masyarakat ini terlaksana atas kerja sama Politeknik Pelayaran Sumatera Barat dengan Kantor Kesyahbandaran Utama Belawan serta turut didukung oleh Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara, Dinas Perhubungan Kabupaten Toba Samosir dan Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah II Provinsi Sumatera Utara beserta jajaran Satuan Pelayanan Pelabuhan Toba, Sipinggan, Simanindo, dan Balige.
POLTEKPEL SUMBAR DIVISITASI OLEH KOMISI INFORMASI PROVINSI SUMATERA BARAT
Kamis (15/10), Politeknik Pelayaran Sumatera Barat bersama 4 perguruan tinggi di provinsi Sumatera Barat lainnya terpilih untuk visitasi dari Komisi Informasi Provinsi Sumatera Barat.

Kunjungan atau visitasi dimaksudkan untuk penilaian verifikasi monitoring dan evaluasi keterbukaan informasi badan publik tingkat provinsi Sumatera Barat Tahun 2020.
Poltekpel Sumbar Adakan Penelitian Praktek Fungsi Navigasi Bagi Taruna/i Program Studi Nautika
Jum'at (16/10), seminar proposal penelitian kembali digelar di Politeknik Pelayaran Sumatera Barat (Poltekpel Sumbar). Kegiatan seminar bertempat di Ruang Rapat Besar Poltekpel Sumbar dan diikuti oleh para instruktur dan dosen.

Kegiatan seminar proposal kali ini diketuai oleh Capt. M. Abduh, M.M.Tr selaku Direktur Poltekpel Sumbar dengan 3 anggota penelitian lainnya yaitu Riki Wanda Putra, M.Pd, Capt. Doni Rupawan, M.Mar, Capt. Zakir, M.Mar. Penelitian yang dilakukan mengangkat judul "Pengaruh Gabungan Kelas Antar Tingkatan (Combine Grades) Melalui Metode Role Playing Terhadap Hasil Praktek Fungsi Navigasi Bagi Taruna/i Program Studi Nautika Angkatan II dan IV di Politeknik Pelayaran Sumatera Barat.
POLTEKPEL SUMBAR KEMBALI KEMBANGKAN DUA PENELITIAN ILMIAH
Kamis (15/10), Politeknik Pelayaran Sumatera Barat (Poltekpel Sumbar) kembali melaksanakan Seminar Proposal Penelitian di Ruang Rapat Besar Poltekpel Sumbar. Kegiatan ini turut dihadiri oleh Wakil Direktur 1, Capt. Faisal Saransi, M.T., Kasubbag Keuangan, Dwi Aribowo, S.E beserta para instruktur, dosen, serta taruna/i Poltekpel Sumbar.

Kegiatan ini merupakan realisasi program kerja dari Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Poltekpel Sumbar yang memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada seluruh dosen dan pengajar untuk melakukan dan mengembangkan penelitian demi mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Kuliah Umum Tentang Infeksi Virus Corona Digelar di Poltekpel Sumbar

See More