FAQContact Us
Logo
POLITEKNIK PELAYARAN SUMATERA BARAT

LABORATORIUM

LABORATORIUM
Poltekpel Sumbar memiliki fasilitas gedung laboratorium yang secara garis besar terbagi menjadi 3 bagian yaitu :
 Laboratorium Nautika;
o Lab. Tali Temali (Seamanship Laboratory);
Laboratorium ini digunakan untuk pelatihan praktek yang mencakup praktek tali-temali, takal dasar, segel, wire, tangga pandu dll. Dilengkapi dengan sarana dan prasarana tali temali.
o Lab. Menjangka Peta;
merupakan salah satu sarana yang digunakan oleh taruna jurusan nautika untuk memahami prinsip kerja pembacaan peta navigasi secara manual dan mempelajari titik peta dan rambu peraturan yang ada di pelayaran. Dilengkapi dengan seperangkat peralatan peta dan navigasi.
o Lab. CBT (Computer Based Training) Nautika;
Laboratorium ini digunakan untuk pembelajaran mandiri, taruna dapat menguji pengetahuan mereka menggunakan kuis online melalui laboratorium ini. Lab dilengkapi dengan sarana dan prasarana komputer.
o Lab. Ship Stability,
Laboratorium ini digunakan untuk mempelajari simulasi kapal yang bisa dioperasikan oleh taruna untuk mengetahui kestabilitasan suatu kapal dengan cara menambahkan atau mengurangi jumlah muatan kapal.
o Lab. Model Ship; dan Boat House (Life boat/sekoci).
Lab ini dilengkapi dengan model kapal dan life boat/sekoci kecil.
 Laboratorium Teknologi Nautika;
o Lab. Diesel Engine
Laboratorium ini digunakan untuk mempelajari prinsip kerja mesin diesel. Dalam hal ini, taruna dan taruni dapat menguji pengetahuan mereka tentang mesin otomotif yang biasanya ada di kapal.
o Lab. Boiler (Steam Plan)
Laboratorium ini menjadi sarana bagi taruna dan taruni dalam memahami kinerja dan fungsi boiler (steam plan).
o Lab. Marine Engineering,
Laboratorium ini membantu para taruna dan taruni dalam memahami teknik perkapalan, dilengkapi dengan sarana fisika terapan, automatic control, dan prasarana electronic.
o Lab. Computer Based Assessment
Laboratorium ini difasilitasi dengan sarana dan prasarana computer sebanyak 32 unit yang terdiri atas 30 unit computer siswa, 1 unit computer server, dan 1 unit computer instruktur.
 Laboratorium Transportasi Laut;
o Lab. Komputer (Multimedia);
Laboratorium ini difasilitasi dengan sarana dan prasarana computer sebanyak 32 unit yang terdiri atas 30 unit computer siswa, 1 unit computer server, dan 1 unit computer instruktur.
o Lab. Bahasa;
Laboratorium ini difasilitasi dengan sarana dan prasarana computer sebanyak 32 unit yang terdiri atas 30 unit computer siswa, 1 unit computer server, dan 1 unit computer instruktur, proyektor 1 unit, layar 1 unit, speaker 1 unit, masing-masing computer dilengkapi juga dengan headset.
o Lab. Audio Visual.
Laboratorium Audio Visual merupakan laboratorium yang digunakan untuk program studi Transportasi Laut. Fasilitas ini dilengkapi dengan peralatan audio visual yang memadai dan digunakan untuk matakuliah-matakuliah yang memerlukan pemutaran film atau bentuk media video yang lain. Selain itu laboratorium ini juga dipakai untuk perkuliahan listening. Fasilitas ini juga dilengkapi dengan booth untuk taruna sebanyak 30 unit sehingga materi audio visual dapat didengarkan secara individu oleh masing-masing taruna.

LABORATORIUM

See More

Informasi Terkini

See More
POLTEKPEL SUMBAR MENUJU WBK & WBBM
KALENDER DIKLAT PELAUT 2019
Pengumuman DPM dan Formulir DPM - 2018
PENGUMUMAN DIKLAT PENINGKATAN V 2018
QUISIONER PELAKSANAAN DIKLAT