FAQContact Us
Logo
POLITEKNIK PELAYARAN SUMATERA BARAT

Berita

Terapkan Lima Inovasi, Menhub Tetapkan Poltekpel Sumbar Sebagai Green Campus

Terapkan Lima Inovasi, Menhub Tetapkan Poltekpel Sumbar Sebagai Green Campus

JUM'AT (22/3) - Politeknik Pelayaran Sumatera Barat (Poltekpel Sumbar) ditetapkan sebagai green campus atas kegiatannya selama ini menjadikan lingkungan kampus sebagai kawasan hijau yang ramah lingkungan.

Penetapan sebagai green campus itu berlangsung ketika Menteri Perhubungan, Ir. Budi Karya Sumadi berkunjung ke kampus Poltekpel Sumbar, untuk membuka DPM (Diklat Pemberdayaan Masyarakat), Jum'at (22/3).

Menhub Budi Karya Sumadi seusai menekan tombol sirine bersama kepala daerah setempat menetapkan Poltekpel Sumbar sebagai green campus dan menyatakan, pertahankan kegiatan yang begitu baik dengan menjadikan lingkungan kampus ini hijau dan ramah lingkungan.

" Dengan lingkungan yang sehat ini akan membawa dampak, pada kegiatan proses belajar dan mengajar, juga bermanfaat bagi masyarakat sekitarnya," ungkap Menhub.

Pengakuan sebagai green campus juga datang dari Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno, dengan memberikan secara simbolis sepasang hewan Rusa kepada Direktur Poltekpel, Rivolindo sebagai wujud dukungan masyarakat Sumbar atas kegiatan menjadikan lingkungan kampus hijau dan ramah lingkungan.

"Peran Poltekpel Sumbar selain ikut memberdayakan masyarakat melalui diklat, juga sangat peduli pada lingkungan. Atas perannya itu masyarakat mendukungnya agar peran-peran positip itu terus berkelanjutan," kata Irwan Prayitno.

Rivolindo pun menghargai apresiasi dari Gubernur Sumbar dengan adanya pemberian sepasang Rusa itu, dan menjadi tantangan agar pemberian hewan itu bisa berkembang biak di lingkungan kampus.

"Membangun lingkungan kampus yang hijau bukan soal mudah, apalagi menjaga agar lingkungan hijau itu tetap bertahan dengan binatang yang ada di dalamnya. Untuk itu apresiasi gubernur dan masyarakat akan kami perhatikan," ungkap Rivolindo.

Pada kesempatan yang sama Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Laut, I Nyoman Sukayadnya, sangat mendukung tekad Poltekpel Sumbar untuk penerapan lima inovasi dalam memerangi sampah, penghijauan kampus dan penerapan Garbage Management Plan.

"Saya ucapkan terimakasih atas dukungan semua pihak kepada Poltekpel Sumbar," kata I Nyoman Sukadnyana.

Adapun lima inovasi yang dilakukan Poltekpel Sumbar meliputi,

Inovasi Pertama: pembakaran sampah anorganik dengan Incinerator karya taruna Poltekpel yg ramah lingkungan. Incinerator berkemampuan 2 ton/jam, dioperasikan aman pada suhu di atas 300 c, Tdk mengeluarkan asap dan beberapa keunggulan lainnya.
Incinerator buatan Poltekpel Sumbar ini diberi Nama Eco Friendly Incinerator (EFI).

Inovasi kedua yakni, pengolahan sampah bekas dapur dengan Maggot BSF (menghasilkan Magot/belatung yg memiliki nilai ekonomis). Poltekpel Sumbar langsung mendatangkan praktisi/narasumber untuk memastikan pengelolaan dengan benar dan untuk menaikan produksi. Terakhir didatangkan praktisi dari PT Inagro untuk kegiatan Inhouse training tanggal 14 Maret 2019

Inovasi ketiga, berupa composter mengubah sampah organik menjad kompos (menghasilkan sampah padat dan cair). Selain menangani problem sampah, composter juga bisa menghasilkan kompos yang sangat subur

Inovasi keempat, dilakukan melalui pembibitan dengan kompos buatan sendiri. Taruna melakulan penghijauan dan pembibitan

Kelima, mengimplementasi garbage management plan di kampus.

Kesemua inovasi tersebut menjadi kegiatan tambahan positif bagi taruna Poltekpel Sumbar. (Kurnia)

Berita Terkini

Poltekpel Sumbar Gelar Kegiatan Buka Bersama Anak Yatim
Kamis (23/05), Sejumlah seratus anak yatim yang berasal dari tiga panti asuhan diundang untuk buka bersama di kampus Poltekpel Sumbar. Ketiga panti asuhan tersebut antara lain, panti asuhan Al-kautsar, Aisyah, dan Mukaramah. Kegiatan akbar ini juga diikuti oleh seluruh civitas akademika beserta taruna dan taruni Poltekpel Sumbar.
Poltekpel Sumbar menggelar kegiatan Apel Komando dalam rangka pemberian arahan terkait Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK).
Pada kesempatan apel tersebut, Direktur Poltekpel Sumbar selaku inspektur apel menghimbau seluruh peserta apel untuk mengikuti kegiatan sosialisasi guna mendukung pencanangan zona integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dengan kinerja yang baik.
DIREKTUR POLTEKPEL SUMBAR SAMPAIKAN ARAHAN TERKAIT ZONA INTEGRITAS WILAYAH BEBAS KORUPSI
Padang Pariaman – Politeknik Pelayaran Sumatera Barat perkuat komitmen zona integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) dengan menggelar kegiatan sosialisasi pada Senin, 06 Mei 2019. Kegiatan yang dilangsungkan di gedung Dining Hall ini diikuti oleh seluruh pejabat struktural, dosen dan pegawai Poltekpel Sumbar

Terapkan Lima Inovasi, Menhub Tetapkan Poltekpel Sumbar Sebagai Green Campus

See More