FAQContact Us
Logo
POLITEKNIK PELAYARAN SUMATERA BARAT

Berita

Staf Ahli Menteri Perhubungan Beri Motivasi Taruna-Taruni Poltekpel Sumbar Pada Kuliah Umum<br>

Staf Ahli Menteri Perhubungan Beri Motivasi Taruna-Taruni Poltekpel Sumbar Pada Kuliah Umum

Rabu (27/2) - Staf Ahli Menteri Perhubungan bidang Hukum dan Reformasi Birokrasi, DR. Umar Aris SH, MM, MH memotivasi pada para taruna- taruni Politeknik Pelayaran Sumatera Barat (Poltekpel Sumbar) agar menanamkan sifat jujur (attitude), menjaga mental dan fisik yang sehat dan terus mempeljari ilmu pengetahuan dan meningkatkan kompetensi agar ketika berada di lingkungan kerja mencapai hasil terbaiknya.

Motivasi itu disampaikan, pada kuliah umum yang berlangsung di kampus Poltekpel Sumbar, Pariaman, Rabu (27/2).

"Attitude yang yang dalam arti lebih luasnya yakni kejujuran sangat penting, karena menjadi modal dasar setiap individu untuk mendapat kepercayaan dari pihak yang akan menyerahkan pekerjaan," kata Umar Aris.

Selanjutnya dikatakan, sifat jujur itu tidak bisa dibuat-buat, karena hal itu akan terlihat pada sikap dan perbuatan sehari-hari. Di suatu lingkungan kerja, jika sifat jujur tidak dimiliki oleh seseorang maka akan sulit mendapatkan tugas dari pimpinannya.

Modal dasar lainnya sesorang untuk mendapatkan kepercayaan, tambah Umar Aris adalah memiliki ilmu pengetahuan (knowledge). Untuk itu, belajar sebaik mungkin ilmu pengetahuan yang diajarkan di kampus, agar para taruna -taruni memiliki pengetahuan yang membentuk komptensi (keahlian).

"Karena disini kampus pelayaran, maka belajar dengan sungguh ilmu pengetahuan yang diajarkan para pengajar sebaik-baiknya, sehingga menjadi yang mempuanyai keahlian," sambung mantan Kepala Biro Hukum Kementerian Perhubungan itu.

Pada bagian lainnya, Umar Aris juga menekankan agar para taruna-taruni memiliki mental dan fisik yang bagus, dengan menjaga makanan dan pola hidup yang sehat.

"Dengan mental dan fisih yang sehat, maka kemampuan menjalankan tugas bisa berlangsung denga baik dan mencapai hasil yang maksimal," ujarnya.

Umar Aris juga berpesan pada taruna-taruni untuk menjaga amanah yang diberikan dari orang tua untuk kuliah dengan belajar sebaik-baiknya, mengingat masih sangat besar jumlah remaja yang belum bisa mengikuti jenjang pendidikan ilmu pelayaran.

Direktur Poltekpel Sumbar Rivolindo SH, MM berharap taruna - taruni menyerap atas penyampaian motivasi dari Staf Ahli Menteri Perhubungan itu, agar bisa menjadi modal mencapai sesuatu yang dicita-citakan.

Usai kuliah umum dari Umar Aris, ada tiga taruna- taruni bertanya mulai bagaimana memacu diri mencapai tujuan, bagaimana mengatasi pengalaman buruk dan bagaimana cara bersosialisasi.

Mendapat tiga pertanyaan, Umar Aris mengapresiasi positip dan menganggap para taruna-taruni mampu berpikir konstruktip. Selanjutnya menanggapi pertanyaan itu, Umar Aris menjawab, setiap orang harus memiliki motivasi yang kuat sehingga mempunyai kekuatan untuk berbuat dalam rangka mencapai tujuan.

"Jika mengalami keburukan, segera introspeksi dan mengoreksi untuk melakukan perubahan sehingga sebab yang membuat kejadian buruk tidak terulang, dan kejadian buruk berikutnya tidak kembali terjadi" katanya.

"Saling menjaga hubungan baik sesama taruna-taruni. Sikap dominasi senior ke yunior sudah bukan saatnya lagi dilakukan karena tidak memberikan manfaat," tegas Staf Ahli Menteri Perhubungan menjawab pertanyaan taruna soal bagaiman bersosialisasi.

Berita Terkini

Aplikasikan 5 Inovasi POLTEKPEL SUMBAR Siap untuk Pencanangan sebagai Green Campus
Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Sumatera barat, sepertinya selalu haus dengan inovasi.
Setelah bulan lalu berhasil menyusun kurikulum prodi Transportasi Laut yang berbasis need analysis, melalui tahapan "Bench Marking & Focus Group Discussion" dengan menghadirkan nara sumber/pakar dari berbagai bidang keahlian & stakeholder, sehingga alumni Transportasi Laut nantinya akan laku di dunia kerja.
Sosialisasi KPU di Poltekpel Sumbar
Poltekpel Sumbar (14/03)- Menjelang Pemilihan Umum 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Padang Pariaman melaksanakan sosialisasi di Politeknik Pelayaran Sumatera Barat. Kegiatan dilaksanakan di Dining Hall dan diikuti oleh seluruh pegawai dan taruna/i.
Manajer PT.Topaz Maritime berikan kuliah umum untuk taruna-taruni Politeknik Pelayaran Sumatera Barat
Politekpel Sumbar (14/03), taruna-taruni Politeknik Pelayaran Sumatera Barat mendapatkan kuliah umum dari Manajer PT.Topaz Maritime. Dengan mengangkat tema “Hazard on Oil Tanker Ship and Major Accident on Ship/Vessel”, kuliah umum dilangsungkan di Dining Hall.
Kuliah umum disampaikan oleh dua orang pemateri dari PT. Topaz Maritime yaitu Sjachrul Sjahab Manajer PT. Topaz Maritime dan Syafruddin S.MIKI, M.Mar.E.

Pengumuman

See More