FAQContact Us
Logo
POLITEKNIK PELAYARAN SUMATERA BARAT

Berita

Poltekpel Sumbar Kembangkan Kurikulum Prodi Transportasi Laut

Poltekpel Sumbar Kembangkan Kurikulum Prodi Transportasi Laut

Poltekpel Sumbar - Kualitas materi perkuliahan di Poltekpel (Politeknik Pelayaran) Sumbar (Sumatera Barat) terus ditingkat agar mampu membentuk lulusan berkeahlian prima. Untuk itu maka dilangsungkan Focus Group Discussion FGD) tentang Pengembangan Kurikulum Prodi Transportasi Laut Berbasis Need Analisis.

Kegiatan diskusi yang berlangsung selama 2 hari dibuka Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan Laut, Ir. I. Nyoman Sukayadnya, didampingi Direktur Poltekpel Sumbar, Rivolindo SH MM di Hotel Ibis Padang, Senin (25/2).

Sebagai nara sumber akademis dari BPPTL Jakarta, Nafri, GM Pelabuhan Indonesia II /IPC Cabang Teluk Bayur, Armen Amir, Jakarta International Container Terminal (JICT), Doni Budiono, Branch Manager PT SITC Surabaya, Ari Suswanti, Kepala Subdit Angkutan Laut Dalam Negeri, Budimantoro.

Dalam sambutannya Kapusbang BPSDM Perhubungan Laut menyatakan, Poltekpel Sumbar adalah UPT diklat pembentukan di lingkungan BPSDM Perhubungan yang pertama kali membuka program studi tranportasi laut. Maka hal tersebut menjadi tantangan khusus bagi Poltekpel Sumbar untuk mampu menghasilkan lulusan transportasi laut menjadi program studi unggulan yang para lulusannya laku dan diminati pasar.

"Oleh karena itu, kami menyampaikan apresiasi dan harapan kepada direktur beserta civitas akademika Poltekpel Sumbar untuk terus berkreasi dan berinovasi, dan tentunya akan akan selalu mendukung," ungkap I. Nyoman Sukayadnya.

Poltekpel Sumbar meski berusia 4 tahun me yelenggarakan diklat, namun sudah mendapat dukungan baik dari pemerintah di daerah maupun dari petusahaan swasta dan PT. Pelabuhan Indonesia II Cabang Teluk Bayur.

Hal itu terlihat pada 13 Desember 2018 dilaksanakan penandatanganan kesepakatana antara Direktur Poltekpel Sumbar untuk program studi transportasi laut denga General Manajer PT. Pelabuhan I donesia II cabang Teluk Bayur, Armen Amir.

"Kesepakatan itu menetapkan Poltekpel Sumbar untuk memanfaatkan fasilitas di Pelabuhan Teluk Bayur sebagai tempat praktek atau laboratorium, sedangkan jajarannya sebagai pengajar," kata I. Nyoman.

Sementara itu, Rivolindo dalam sambutannya menyatakan diharapkan hasil diskusi ini bisa diselesaikan menjadi konsep pengembangan kurikulum program transportasi laut, sehi gga pada semester genap tahun ini bisa dilaksanakan.

"Untuk itu peserta yang terdiri dari pengajar dapat mengikuti diskusi dengan sebaik-baiknya, mekasimalkan perhatian pada materi dari nara sumber," tegas Rivolindo.

Berita Terkini

DIREKTUR POLTEKPEL SUMBAR SAMPAIKAN ARAHAN TERKAIT ZONA INTEGRITAS WILAYAH BEBAS KORUPSI
Padang Pariaman – Politeknik Pelayaran Sumatera Barat perkuat komitmen zona integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) dengan menggelar kegiatan sosialisasi pada Senin, 06 Mei 2019. Kegiatan yang dilangsungkan di gedung Dining Hall ini diikuti oleh seluruh pejabat struktural, dosen dan pegawai Poltekpel Sumbar
Upacara penyambutan dan pemberian penghargaan kepada Taruna/i Tim Olimpiade Perguruan Tinggi Kedinasan (OPTK) 2019.
Selasa (02/04), pelaksanaan upacara penyambutan dan pemberian penghargaan kepada Taruna/i Tim Olimpiade Perguruan Tinggi Kedinasan (OPTK) 2019 telah berlangsung dengan khidmat.

Kegiatan diikuti oleh seluruh pegawai serta taruna dan taruni Politeknik Pelayaran Sumatera Barat (Poltekpel Sumbar).
Kuliah Umum Bersama Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan
Senin (25/03), telah berlangsung kuliah umum yang disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan, DR.Ir.Djoko Sasono, M.Sc (Eng). Tema kuliah umum kali ini adalah "Menghilangkan Budaya Kekerasan dan Menyiapkan Karakter SDM Era Industri 4.0".

Pengumuman

See More