FAQContact Us
Logo
POLITEKNIK PELAYARAN SUMATERA BARAT

Berita

POLTEKPEL SUMBAR SIAPKAN KEBUTUHAN  STAKEHOLDER

POLTEKPEL SUMBAR SIAPKAN KEBUTUHAN STAKEHOLDER

Selasa (4/12) – Politeknik Pelayaran Sumatera Barat (Poltekpel Sumbar), akan terus dikembangkan, sehingga bisa memenuhi kebutuhan pengguna jasa baik masyarakat yang akan menyekolahkan putra putrinya maupun pelaut yang akan meningkatkan kualitas keahiliannya (competency) dan keterampilannya (proviciency).

Demikian disampaikan Direktur Poltekpel Sumbar yang baru Rivolindo SH, MM., ketika menjelaskan keadaan Poltekpel Sumbar saat ini dan perkembangannya pada masa depan.

“Kami akan terus mengembangkan kegiatan sebagaimana yang diamanatkan dalam visi civitas akademika yakni mewujudkan sumber daya manusia di bidang pelayaran, unggul, professional, bernilai tambah dan berkarakter,” ungkap Rivolindo.

Pengembangan kegiatan itu, tambah Direktur Poltekpel Sumbar merupakan hal yang wajar, mengingat sebagai lembaga diklat yang baru berdiri upaya pembangunan fasilitas belajar dan mengajar terus dberlangsung, baik gedung, ruangan kelas dan sarana praktikum serta pengajar dalam mendukung berkembangnya industri maritim, seperti bidang kepelabuhanan dan perusahaan pelayaran.

Arah mengembangkan potensi kampus dari sisi lain bisa juga dilakukan, kata Rivolindo, misalnya dengan melihat pertumbuhan perusahaan logistik yang semakin berkembang, sehingga membutuhkan sumber daya manusia yang kompeten dalam bidang manajemen transportasi, termasuk transportasi laut.

“Poltekpel Sumbar akan dikembangkan sehingga masyarakat dan pelaut yang ada disekitar kawasan Sumbar, Sumatera dan Indonesia merasakan manfaatnya, “ kata Rivolindo.

Kini diklat apa saja yang sedang berlangsung di Polekpel Sumbar ?

Kampus yang dibuka pada tahun 2015 ini pertama diberi nama Balai Pendidikan Pelatihan Pelayaran Padang (BP3P Padang) menjalankan diklat pembentukan untuk Program ANT III dan ATT III.

Tahun 2016 mulai melakukan diklat dengan dua jurusan yakni Nautika dan Teknik. Pada tahun pertama taruna dan taruni yang diterima sebanyak 60 orang yang terbagi menjadi 2 jurusan. Tahun 2017 bertambah jumlah taruna dan taruninya menjadi 118 orang, mengisi 6 kelas masing-masing jurusan 3 kelas.

Tahun 2018 ini terjadi penambahan jurusan yakni diadakannya jurusan Transportasi Laut. Jumlah taruna yang masuk tahun ini juga meningkat menjadi177 orang yang terbagi untuk jurusan Transportasi Laut 2 kelas, jurusan Nautika 4 kelas dan jurusan Teknika 3 kelas.

Selain pembentukan juga dilakukan peningkatan kompetensi mulai ANT V dan ATT V, ANT IV dan ATT IV dan ANT III dan ATT III.

Untuk kegiatan diklat saat ini ada 18 kegiatan diklat keterampilan yang diselenggarakan, diantaranya BST (Basic Safety Training), SAT, SCRB, AFF, MFA, BOCT, Radar, ARPA, GMDSS, SATSDSD, SSO, ECDIS, BRM, ERM, Crowd Management, Crisis Management & Human Behaviour, Passenger Safety, Cargo Safety & Hull Intergrity.

Direktur Poltekpel Sumbar optimis masa depan mayarakat semakin meningkat menjalani diklat di Poltekpel Sumbar, karena posisi lingkungan Sumatera Barat dan sekitarnya merupakan masyarakat pantai yang sudah memahami peluang dan potensi pada dunia transportasi laut.

“ Transportasi laut bagi masyarakat Sumbar dan sekitarnya sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan oleh para orang tua terdahulu dalam kegiatan merantau untuk mengembangkan usaha, sehingga di perantauan mereka berhasil di berbagai bidang,” paparnya.

Jadi, tambah Rivolindo, sebelum adanya Poltekpel Sumbar, masyarakat harus jauh menyekolahkan putra-putrinya ke berbagai daerah, maka sekarang ini menjadi semakin dekat.

"Begitu banyaknya pelaut yang ada di sekitar kawasan Sumatera barat, untuk meningkatkan kompetensi dan keterampilannya bisa lebih dekat dari tempat tinggalnya,” ujarnya. (PS)


Berita Terkini

Poltekpel Sumbar Teken MoU dengan Pelabuhan Teluk Bayur Peluang Alumni Kerja Semakin Besar
Kamis (13/12) - Kegiatan pendidikan dan pelatihan (diklat) Politeknik Pelayaran Sumatera Barat (Poltekpel Sumbar) mendapat dukungan dari PT. Pelabuhan Indonesia II Cabang Teluk Bayur. Dukungan untuk kegiatan kerjasama yang lebih luas dilakukan dengan penandatanganan Kesepakatan Kerjasama Kesepahaman (Memorandum of Understanding/ MOU) tentang Pengembangan SDM di bidang Transportasi Laut yang memuat Program Aksi untuk mewujudkan Politeknik Pelayaran Sumatera Barat menuju Sekolah Pelayaran Terpilih di Indonesia,
Jajaran Poltekpel Sumbar Kerja Bakti Siapkan Lingkungan Sehat

Sabtu (8/12) - Menciptakan lingkungan sehat bukan cuma sebatas pada slogan, tapi dijalankan dengan sejumlah kegiatan. Hal itu dilakukan pihak Politeknik Pelayaran Sumatera Barat (Poltekpel Sumbar) yang, pagi ini mengerahkan jajaran taruna-taruni, pimpinan dan sebagian pegawai kampus untuk bekerja bakti membersihkan lingkungan kampus.
Poltekpel Sumbar Diharapkan Dapat Tingkatkan Jumlah Pelaut Dan Industri Maritim di Daerah


Kamis ( 6/12 ) - Bupati Padang Pariaman Drs. H. Mukhni menyambut gembira atas meningkatnya perkembanganan masyarakat yang mengikuti pendidikan dan pelatihan (diklat) di Politeknik Pelayaran Sumatera Barat (Poltekpel Sumbar). Dan berharap semakin meningkat jumlah pelaut serta perkembangan industri maritim.

Pengumuman

See More