FAQContact Us
Logo
POLITEKNIK PELAYARAN SUMATERA BARAT

Berita

Kuliah Umum Bersama Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan

Kuliah Umum Bersama Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan

Senin (25/03), telah berlangsung kuliah umum yang disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan, DR.Ir.Djoko Sasono, M.Sc (Eng). Tema kuliah umum kali ini adalah "Menghilangkan Budaya Kekerasan dan Menyiapkan Karakter SDM Era Industri 4.0". Sebelum kuliah umum berlangsung, Direktur Poltekpel Sumbar menekankan bahwa tema ini sangat penting bagi para taruna dan taruni untuk menghilangkan budaya kekerasan.
Di samping itu, Kepala Biro Kepegawaian dan Organisasi Sekjen Kemenhub, Hary Kriswanto, SH.,DESS menambahkan bahwa para taruna-taruni harus bersungguh-sungguh dan penuh rasa tanggung jawab dalam melaksanakan tugas dan kewajiban.

Selanjutnya, sesi kuliah umum yang disampaikan langsung oleh Sekjen Kemenhub. Di awal sesi, Djoko Sasono meminta perwakilan satu taruna dan taruni untuk menceritakan bagaimana orang tua mendidik dan membesarkan mereka.

Hal ini dapat menjadi perhatian bagi taruna dan taruni agar tidak menyia-nyiakan kesempatan belajar dengan hal-hal yang berbau kekerasan.

Beliau juga menyampaikan cirikhas perwira pelayaran niaga yang harus dimiliki oleh taruna, di antaranya yaitu : 1) Disiplin, dalam hal ini taruna dituntut untuk bersungguh- sungguh dan penuh rasa tanggung jawab. 2) Dedikasi, suatu bentuk ekspresi yang harus dimiliki taruna untuk satu tujuan dan fokus untuk mencapai tujuan tersebut. Dan 3) kepatuhan. "Hal ini harus dimiliki taruna, karena nanti kalian akan bekerja melayani masyarakat", ujar Djoko.

Di samping itu, dalam menghadapi Era industri 4.0 dan realisasi kebijakan Indonesia sebagai poros maritim, para taruna dan taruni harus mampu menguasai bahasa inggris. "Kalian harus bisa menguasai Bahasa Inggris, karena Bahasa Inggris adalah bahasa yang digunakan oleh banyak negara sehingga mereka bisa maju dalam era industri, kita juga harus bisa," tambahnya. (mm)

Berita Terkini

Poltekpel Sumbar Gelar Ajang Turnamen Futsal Se-Sumatera Barat
Sabtu (27/07), Poltekpel Sumbar menggelar upacara pembukaan untuk kegiatan turnamen futsal dalam ajang memperebutkan piala bergilir Direktur Poltekpel Sumbar.

Kegiatan dihadiri oleh Danlantamal II, PSSI Sumatera Barat, Kapolres Padang Pariaman, BRI Padang dan Pegadaian Padang. Acara pembukaan turnamen akbar se-Sumatera Barat ini dilangsungkan di Gedung Olahraga Poltekpel Sumbar.
Poltekpel Sumbar Diskusi Panel Terkait Persiapan Menghadapi Revolusi Industri 4.0
Padang Pariaman - Akan ada perubahan yang sangat besar terkait berlangsungnya revolusi industri 4.0 di masyarakat. Untuk itu, Kementerian Perhubungan menindaklanjutinya melalui berbagai strategi, dan yang diamankan pada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP), membangun kompetensi dan karakter sumber daya manusia melalui pendidikan dan pelatihan yang berkualitas.
592 Remaja Ikuti Tes Sipencatar Di Poltekpel Sumbar
Padang Pariaman (20/7) - Politeknik Pelayaran Sumatera Barat (Poltekpel Sumbar), hari Sabtu ini melangsungkan psikotest yang merupakan ujian pertama dari tahapan Sileksi Penerimaan Calon Taruna (Sipencatar) pada 592 catar dari dua program, yakni program pola pembibitan sebanyak 299 catar dan program reguler sebanyak 293 catar.

Kuliah Umum Bersama Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan

See More