FAQContact Us
Logo
POLITEKNIK PELAYARAN SUMATERA BARAT

Berita

Aplikasikan 5 Inovasi POLTEKPEL SUMBAR Siap untuk Pencanangan sebagai Green Campus

Aplikasikan 5 Inovasi POLTEKPEL SUMBAR Siap untuk Pencanangan sebagai Green Campus

Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Sumatera barat, sepertinya selalu haus dengan inovasi.

Setelah bulan lalu berhasil menyusun kurikulum prodi Transportasi Laut yang berbasis need analysis, melalui tahapan "Bench Marking & Focus Group Discussion" dengan menghadirkan nara sumber/pakar dari berbagai bidang keahlian & stakeholder, sehingga alumni Transportasi Laut nantinya akan laku di dunia kerja.

Saat ini kembali Poltekpel Sumbar sudah memiliki inovasi baru lagi yang sudah diaplikasikan yaitu Poltekpel Sumbar sebagai Green Campus yang mengimplementasikan "Garbage Management Plan" di Kampus. Beberapa di antaranya yaitu :

1. Pembakaran sampah anorganik dengan Incinerator karya taruna Poltekpel yg ramah lingkungan, kemampuan 2 ton/jam, tahan suhu di atas 300 c. Tidak mengeluarkan asap dan beberapa keunggulan lainnya.

Incinerator made in Poltekpel Sumbar ini diberi Nama "Eco Friendly Incinerator (EFI), S.B.R.2 Type".

2. Pengolahan Sampah bekas dapur dengan Magot BSF (menghasilkan magot/belatung yg memiliki nilai ekonomis), Poltekpel Sumbar langsung mendatangkan praktisi untuk memastikan pengelolaan dengan benar dan untuk menaikan produksi, terakhir didatangkan praktisi dari PT. Inagro untuk kegiatan Inhouse training tanggal 14 Maret 2019.

3. Composter mengubah sampah organik menjadi kompos (menghasilkan sampah padat & cair), selain menangani problem sampah, Composter juga bisa menghasilkan kompos yang yang sangat subur

4. Pembibitan dengan kompos buatan sendiri yang diimplementasikan taruna untuk penghijauan dan pembibitan

5. Implementasi "Garbage Management Plan" di kampus oleh Taruna

Disela2 acara soft Operation EFI Incinerator, Rivolindo SH,MM (Dir. Poltekpel Sumbar), yang didampingi oleh para wakil direktur dan para pejabat struktural. menyampaikan harapan agar Ka. BPSDM Perhubungan berkenan mencanangkan "Poltekpel Sumbar As One of The Greenest Campus In Asia 2019".

Dalam kesempatan yang sama, pernyataan Rivolindo diperkuat oleh penjelasan Wakil Direktur I/bidang Pendidikan (Budi Riyanto, SE.MM).
Budi Optimis bahwa Poltekpel Sumbar memiliki dosen-dosen hebat yang mampu mewujudkan Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu Penelitian & pengabdian masyarakat.
"Dosen-dosen kami juga sudah menyiapkan Inovasi baru, sabar saja ya, sebentar lagi kita publish kok," imbuhnya.

Diakhir diskusinya, Rivolindo menyampaikan bahwa meskipun Poltekpel Sumbar merupakan UPT termuda, dengan petunjuk, arahan/bimbingan Ka. Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Laut & Jajarannya, Kami yakin Poltekpel Sumbar akan menjadi Sekolah Pelayaran Terpilih berkelas dunia.

Berita Terkini

Upacara penyambutan dan pemberian penghargaan kepada Taruna/i Tim Olimpiade Perguruan Tinggi Kedinasan (OPTK) 2019.
Selasa (02/04), pelaksanaan upacara penyambutan dan pemberian penghargaan kepada Taruna/i Tim Olimpiade Perguruan Tinggi Kedinasan (OPTK) 2019 telah berlangsung dengan khidmat.

Kegiatan diikuti oleh seluruh pegawai serta taruna dan taruni Politeknik Pelayaran Sumatera Barat (Poltekpel Sumbar).
Kuliah Umum Bersama Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan
Senin (25/03), telah berlangsung kuliah umum yang disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan, DR.Ir.Djoko Sasono, M.Sc (Eng). Tema kuliah umum kali ini adalah "Menghilangkan Budaya Kekerasan dan Menyiapkan Karakter SDM Era Industri 4.0".
Terapkan Lima Inovasi, Menhub Tetapkan Poltekpel Sumbar Sebagai Green Campus
JUM'AT (22/3) - Politeknik Pelayaran Sumatera Barat (Poltekpel Sumbar) ditetapkan sebagai green campus atas kegiatannya selama ini menjadikan lingkungan kampus sebagai kawasan hijau yang ramah lingkungan.

Penetapan sebagai green campus itu berlangsung ketika Menteri Perhubungan, Ir. Budi Karya Sumadi berkunjung ke kampus Poltekpel Sumbar, untuk membuka DPM (Diklat Pemberdayaan Masyarakat).

Pengumuman

See More